(0 pemilihan)

Membangun Sikap Spiritual Siswa Melalui Pembelajaran Tata Surya Pilihan

Oleh: Aries Anisa, S.Pd.Si., M.Pd.


Seorang guru sejatinya adalah pendidik bukan hanya sekedar pengajar. Artinya, dia harus bisa memasukkan unsur pendidikan moral untuk meningkatkan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didiknya disaat mengajarkan materi pembelajaran.


Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini. Untuk menyisipkan pendidikan sikap dan melakukan penilaian sikap menjadi sesuatu yang memerlukan cara khusus, karena frekuensi tatap muka antara guru dan peserta didik menjadi berkurang.
Meskipun berada pada masa pandemi seperti saat ini, kurikulum pendidikan yang berlaku tetap mengharapkan peningkatan empat aspek utama peserta didik, yaitu sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.


Karena itu dalam proses pembelajaran, seorang guru diharapkan mampu mengajarkan materi pembelajaran sehingga aspek pengetahuan dan aspek keterampilan peserta didik dapat ditingkatkan dengan memberikan nurturant effect berupa sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik yang lebih baik.
Sikap spiritual peserta didik diharapkan menjadi efek yang membekas seiring proses pembelajaran bahkan setelah pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan lulusan dengan kecerdasan intelegensi dan emosi yang bagus serta menjadi lulusan yang berkarakter.


Pembelajaran Tata Surya


Tata Surya merupakan materi pembelajaran yang ada di tingkat SMP yang membahas tentang sistem tata surya yang kita tinggali, dengan bumi sebagai salah satu planetnya.
Menyampaikan materi tata surya dibutuhkan visualisasi untuk membuat peserta didik lebih memahami keberadaan Bumi sebagai bagian dari sistem tata surya secara lebih mudah. Visualisasi itu dapat dibantu dengan menyajikan materi pembelajaran berbantuan media pembelajaran yang sesuai.
Adapun media pembelajaran yang sesuai diantaranya adalah media gambar ataupun video. Media berupa video pembelajaran salah satunya dapat kita download dari youtube ataupun website rumah belajar sebagai salah satu website resmi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan Ristek yang menyediakan berbagai sumber belajar.
Media pembelajaran berupa gambar maupun video tersebut menyajikan gambaran tata surya dengan skala ukuran yang membuat kita membayangkan ukuran masing-msing planet, satelit, bintang, dan galaksi dengan perkiraan yang tepat.
Media pembelajaran tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan sistem tata surya dan keberadaan bumi sebagai salah satu planet yang mengitari matahari sebagai pusat tata surya kita.


Sikap spiritual


Guru juga dapat menjelaskan satelit alami Bumi yang kita sebut sebagai bulan yang juga selalu ber revolusi terhadap bumi selain berrotasi pada porosnya. Akibat rotasi dan revolusi bulan maupun bumi juga dapat dijelaskan. Bahkan gambaran mengenai galaksi bima sakti (the Milky Way) sebagai bagian dari alam semesta juga dapat dijelaskan memalui video tersebut.
Dengan menyajikan gambar maupun video tersebut, maka guru dapat memberikan pengantar mengenai kebesaran Allah SWT sang maha pencipta yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya sebagai bentuk rahmatNya pada manusia sebagai hambaNya.
Hal ini bisa menjadi salah satu materi sikap spiritual yang dapat disampaikan. Kita (manusia) sebagai hamba sudah seharusnya tak lupa untuk selalu beribadah dan bersyukur pada Allah SWT atas segala nikmat dan rahmatNya. Jika dibandingkan dengan makhluk ciptaan Allah SWT, dilihat dari ukuran saja, kita tidak ada apa-apanya.
Untuk itu, guru bisa mengingatkan peserta didik untuk selalu bersyukur atas segala nikmat dan karuniaNya dan menjauhkan sifat sombong. Manusia tidak pantas sombong dengan keberadaan dan kemampuannya, karena sejatinya kita sangatlah kecil dan tidak berdaya dihadapan Allah SWT.

 

Sumber: https://suarabaru.id/2022/01/29/membangun-sikap-spiritual-siswa-melalui-pembelajaran-tata-surya/

 

Baca 737 kali Terakhir diubah pada Minggu, 17 April 2022 11:35
Spensama

BE BETTER

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Cara Mudah Membimbing Anak Belajar Pianika