(0 pemilihan)

Pengumuman PPDB Tahun Pelajaran 2022/2023 Pilihan

PETUNJUK TEKNIS

PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB)

SMP NEGERI 1 MAYONG

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dalam rangka memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi anak usia sekolah agar memperoleh pelayanan pendidikan yang sebaik-baiknya secara obyektivitas, transparansi, akuntabilitas dan tidak diskriminatif, SMP Negeri 1 Mayong menerima pendaftaran Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penerimaan Peserta Didik Baru SMP Negeri 1 Mayong  menggunakan 4 (empat) jalur, yaitu :

  1. Jalur  Zonasi, 
  2. Afirmasi,
  3. Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali 
  4. Prestasi.

PELAKSANAAN PENDAFTARAN

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 1 Mayong dilaksanakan dengan sistem online terintegrasi dengan Dapodik dan sesuai ketentuan protokol kesehatan Covid 19.

Tata Cara Pendaftaran dengan sistem online dilaksanakan sebagai berikut:

  1. Calon peserta didik melakukan  pendaftaran  secara  online  pada  alamatwebsite www.jepara.siap-ppdb.com;
    1. Mengunggah (upload) kelengkapan pendaftaran terdiri dari :
    2. Surat Keterangan Lulus dari sekolah/ madrasah/ kejar paket;
    3. KK yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB dan KTP orang tua/ wali;
    4. Salah satu bukti prestasi jenjang tertinggi bidang akademis/ olahraga/ kesenian/ keterampilan atau bidang lainnya dalam kurun waktu 2020 sampai dengan 2022 bagi yang memiliki;
    5. Salah satu bukti keluarga miskin bagi siswa dari  keluarga  ekonomi tidak mampu; Surat Keterangan Penyandang Disabilitas dari  sekolah asal;
    6. Surat perpindahan tugas orang tua calon peserta didik dari dinas/ instansi/ lembaga tempat orang tua bekerja, atau Surat Keterangan putera/ puteri guru/ tenaga kependidikan yang bekerja di sekolah yang
  2. Setelah proses pendaftaran, calon peserta didik mencetak Tanda Bukti Pendaftaran;
  3. Jurnal harian dan pengumuman hasil PPDB Online dapat diakses lewat internet atau dilihat langsung pada pengumuman di sekolah yang bersangkutan dengan tetap memperhatikan prokes Covid 19;
  4. Proses pencabutan pendaftaran bagi siswa yang masih diterima pada jurnal seleksi dan ingin pindah sekolah akan di proses oleh Panitia PPDB Kabupaten paling lambat sehari sebelum tanggal penutupan maksimal 2 kali.

JADWAL PENDAFTARAN

Pendaftaran Online dibuka dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Pengumuman Pendaftaran mulai 26 April -18 Juni 2022
  2. Pengajuan  Akun Peserta mulai tanggal 19 Juni 2022;
  3. Pendaftaran Online SMP Negeri dibuka mulai tanggal 20 Juni 2022 Pukul 00.01 WIB dan ditutup tanggal 23 Juni 2022 pukul 00 WIB.
  4. Pemilihan Sekolah mulai tanggal 20 Juni 2022
  5. Proses pencabutan pendaftaran online bagi siswa yang masih masuk dalam peringkat dan ingin pindah sekolah, akan di proses oleh masing–masing Panitia di sekolah untuk di konfirmasikan kepada Operator PPDB Dinas paling lambat tanggal 22 Juni 2022 Pukul 00 WIB maksimal 2 kali.
  6. Pengumuman hasil seleksi penerimaan Peserta Didik Baru online jenjang SMP Negeri bisa di akses pada tanggal 23 Juni 2022..
  7. Pendaftaran Ulang tanggal 27 – 28 Juni 2022.
  8. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah tanggal 11 - 13 Juli 2022.
  9. Hari Efektif Pembelajaran mulai tanggal 14 Juli 2022.

SELEKSI CALON PESERTA DIDIK BARU

Seleksi penerimaan peserta didik dilakukan berdasarkan zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau prestasi, dengan kuota :

  1. Zonasi paling sedikir 50% berdasarkan seleksi jarak alamat calon peserta didik dengan sekolah yang dituju;
  2. Afirmasi paling sedikit 15% dibuktikan Kartu keluarga miskin bagi siswa dari keluarga ekonomi tidak mampu; Surat Keterangan Penyandang Disabilitas dari sekolah asal;;
  3. Perpindahan tugas orang tua/wali paling banyak 5% dibuktikan dengan surat perpindahan tugas orang tua calon peserta didik dari dinas/instansi/lembaga tempat orang tua bekerja atau Surat Keterangan putera/ puteri guru/ tenaga kependidikan yang bekerja di sekolah yang dituju;
  4. Prestasi paling banyak 30% dilakukan berdasarkan nilai kelulusan dan prestasi bidang akademis/ olahraga/ kesenian/ keterampilan atau bidang lainnya bagi yang memiliki dalam kurun waktu 2020-2022.Seleksi berdasarkan prestasi bidang akademik dihitung dengan rumus nilai rata-rata pada Surat Keterangan Lulus dibagi 10 (sepuluh) ditambah nilai bonus prestasi sebagai berikut:
 Rata-rata nilai Surat Keterangan Lulus  =   A
 Nilai Prestasi    =  B
 Nilai Akhir   =  (A/10)+B

 

DAFTAR ULANG

  1. Setiap calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima, wajib melakukan daftar ulang dengan membawa persyaratan yang ditentukan.
  2. Pendaftaran ulang dilakukan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan;
  3. Calon peserta didik yang diterima wajib menandatangani surat pernyataan mengikuti pendidikan agama yang dianut dan bersedia mematuhi tata tertib selama mengikuti pendidikan, yang diketahui/ disetujui orang tua/ wali sesuai peraturan perundangan;
  4. Bagi calon peserta didik / siswa yang dinyatakan diterima, tetapi tidak mendaftarkan ulang dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka dinyatakan gugur.
  5. Calon peserta didik/siswa yang tidak diterima, berkas persyaratan administrasi dapat diambil kembali oleh peserta didik sesuai jadwal yang ditentukan panitia.

LAIN-LAIN

  1. Hal-hal yang belum diatur dalam pengumuman ini akan diatur kemudian.
  2. Apabila ada hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan langsung kepada panitia.

 

Tutorial Pendaftaran PPDB dapat disimak melalui youtube dengan klik link berikut 

 

 

 

Baca 8621 kali Terakhir diubah pada Minggu, 19 Jun 2022 22:26
Spensama

BE BETTER

Media

Selengkapnya di dalam kategori ini: TATA TERTIB »