Berita

Berita Pendidikan Nasional

Pendampingan Proyek P5 di Museum RA. Kartini Jepara

(0 pemilihan)

SMP Negeri 1 Mayong Deklarasikan Sekolah Ramah Anak Pilihan

WhatsAppImage2021 04 07at103911

Deklarasi tersebut dihadiri Ketua Komite SMPN 1 Mayong Bapak Mujiono, M.Pd, Unsur Camat Mayong, Polsek Mayong, Koramil, kepala sekolah, guru, karyawan, perwakilan orang tua siswa dan siswa.

“Maksud tujuan kami SMP Negeri 1 Mayong mengadakan deklarasi sekolah ramah anak, dengan harapan keluarga besar SMP Negeri 1 Mayong berkomitmen melaksanakan  program sekolah ramah anak  menuju Kabupaten Jepara yang layak untuk anak, khususnya untuk peserta didik SMP Negeri 1 Mayong” kata Kepala SMP Negeri 1 Mayong Bapak Rofi'i S.Pd., M.Pd, saat memberi sambutan acara yang digelar di sekolah, Rabu (7/4/2021).

Lebih lanjut Pak Rofi'i menegaskan, kegiatan deklarasi sekolah ramah anak, SMP Negeri 1 Mayong berkomitmen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab. 

Meskipun selama ini SMP Negeri 1 Mayong sudah melaksanakan ini dalam proses  pembelajaran ketika memulai pembelajaran anak-anak masuk anak-anak berjabat tangan  kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya di dalam kelas, ketika pulang berjabat tangan dan berdoa dan sebagainya. Ini semua sudah dilakukan cukup lama hanya saja ini semua yang sudah dilakukan pada waktu pembelajaran tatap muka seolah-olah sudah menjadi kenangan karena diterjang oleh covid-19.  Dan selama 1 tahun vakum tidak bisa melakukan itu semua. Jadi kemarin secara karakter  SMP Negeri 1 Mayong sudah baik dan saat ini harus tetap menjaga komitmen ini meskipun dalam kondisi  pandemi.

Selanjutnya jelaskan pula bahwa di dalam deklarasi sekolah ramah anak, sebetulnya kata ramah itu sekolah itu harus menyediakan rasa aman kepada peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran di dalam pelaksanaan Sekolah yang aman maka dibutuhkan unsur-unsur yang cukup banyak mulai dari unsur sarana prasarana yang harus mampu memberikan rasa aman pada anak ruang  kelas yang representatif,  ruang  laborat  lapangan olahraga dan sebagainya yang cukup representatif harus kita sediakan  untuk menjamin rasa aman anak sehingga anak dapat belajar dengan penuh rasa aman dan menyenangkan Selain itu ramah yang kedua ini mencakup unsur  tenaga pendidik dan  tenaga kependidikan, karyawan TU dan sampai  pak Bonnya ini harus ramah dan mampu melayani anak-anak  itu dengan sebaik-baiknya tidak boleh ada guru yang suka marah-marah  Selain itu rasa aman ini bisa tercapai bila ada dukungan dari orang tua dari komite dan dari dan juga dari anak-anak itu sendiri. 

Sebelum mengakhiri acara tersebut, seluruh hadirin membacakan teks deklarasi SMPN 1 Mayong Sekolah Ramah Anak bersama-sama. Teks deklarasi itu adalah; Seluruh komponen warga sekolah siap meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Mewujudkan sekolah sebagai komunitas pembelajaran dan tempat pendidikan yang aman, ramah, bersih, sehat, hijau, rindang, dan nyaman bagi tumbuh kembang peserta didik.

Disebutkan pula siap memberikan kesetaraan hak pendidikan tanpa diskriminasi. Menghargai hak-hak anak, menjadi motivator dan fasilitator serta menjadi sahabat bagi peserta didik. Menciptakan lingkungan sekolah yang bebas vandalisme, kekerasan fisik , non fisik dan bentuk kekerasan lainnya.

Kemudian menciptakan lingkungan sekolah sebagai tempat mengembangkan berbagai kemampuan bakat minat anak dan kepribadian yang berkarakter. Serta Menciptakan lingkungan sekolah bebas asap rokok, minuman keras dan NAPZA.

 

 

Baca 1336 kali Terakhir diubah pada Selasa, 02 April 2024 13:31
Spensama

BE BETTER

Cari

Pengunjung

1420232
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
290
1411216
21586
1420232

Your IP: 3.144.249.247
2024-05-17 07:41