Berita

Berita Pendidikan Nasional

Pendampingan Proyek P5 di Museum RA. Kartini Jepara

(0 pemilihan)

286 Siswa SMPN 1 Mayong Latihan Mengukir Gerabah Pilihan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebanyak  286 siswa SMP Negeri 1 Mayong mengikuti pelatihan ukir pada media gerabah di lapangan in door SMP Negeri 1 Mayong,  Kamis, 28 Maret 2024.

Kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) kelas VII SMP Negeri 1 Mayong pada tema “Kearifan Lokal” dengan topik SEPEDA MINI (Spensama Peduli Budaya Lokal Bumi Kartini), melalui pelatihan ukir gerabah. Hal ini ditujukan untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada dimensi kebhinekaan global dan kreatif.

Siswa_antusias_ikuti_kegiatan.jpg

Target yang ingin dicapai melalui kegiatan proyek ini adalah agar siswa mampu mendalami budaya dan identitas budaya, terutama budaya lokal kabupaten Jepara (Bumi Kartini); memahami pentingnya melestarikan dan merayakan tradisi budaya serta mulai berupaya melestarikan budaya dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil_Karya_Siswa.jpg

Disamping itu untuk  menghubungkan gagasan yang ia miliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan kombinasi gagasan baru dan imajinatif untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya; dan mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan.

Kegiatan ini bermula dari diskusi siswa tentang ragam budaya lokal kabupaten Jepara. Setelah itu, siswa diminta menentukan satu judul kearifan lokal kabupaten Jepara dan diminta untuk mendeskripsikan cerita singkatnya. Setelah cerita singkat ditulis, maka Langkah selanjutnya siswa menterjemahkan cerita tadi dalam bentuk sketsa gambar cerita pada kertas.

hasil_karya_Siswa_SMPN_1_Mayong.jpg

“Selanjutnya sketsa gambar cerita tadi dipersiapkan untuk dipindah pada media gerabah dengan teknik ukir. Langkah ini sekaligus untuk melestarikan dua budaya lokal kabupaten Jepara, yaitu seni ukir jepara dan gerabah dari kecamatan Mayong” demikian tutur Kepala SMPN 1 Mayong,  Rofi’i, S.Pd., M.Pd. dalam sambutan pembukaan kegiatan P5.

Rangkaian kegiatan proyek ini akan diakhiri dengan kegiatan kunjungan siswa ke Museum Kartini dan JOP (Jepara Ourland Park) Jepara pada bulan April 2024 yang akan datang. Kegiatan ini juga diharapkan untuk menggairahkan sektor pariwisata di Kabupaten Jepara sebagai bagian dari kearifan lokal Kabupaten Jepara.

Hadepe – Anisa

 

Sumber: https://suarabaru.id/2024/04/02/286-siswa-smpn-1-mayong-latihan-mengukir-gerabah

Baca 33 kali Terakhir diubah pada Selasa, 02 April 2024 13:33
Spensama

BE BETTER

Cari

Pengunjung

1409436
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
1488
1402766
44984
1409436

Your IP: 18.223.125.219
2024-04-30 19:26